Kamis, 23 Mei 2013

PENYAKIT KUKU MEDIS


Paronikia 
Onikomikosis (Onychomycosis) 
Tumor Pada Kuku 
Kelainan Bentuk dan Perubahan Warna Kuku 
Trauma Pada Kuku 
 Infeksi Pada Kuku 
Paronychia Kronis 
Sindrom Kuku Hijau 
Verruca Vulgaris Pada Kuku 
Kuku Jari Kaki Yang Tumbuh ke Dalam 



Paronikia

Paronikia adalah infeksi pada kulit di sekitar kuku jari tangan atau kuku jari kaki.

Paronychia biasanya akut, tetapi kasus kronis bisa terjadi. Pada paronychia akut, bakteri (biasanya staphylococcus aureus atau streptococci) masuk melalui robekan pada kulit diakibatkan dari bintil kuku, trauma pada lapisan kuku (lapisan pada kulit keras yang tumpang tindih disisi kuku), hilangnya kutikula, atau iritasi kronis (seperti dari air dan detergent). Paronychia lebih umum pada orang yang menggigit atau menghisap jari-jari mereka. Pada kaki, infeksi seringkali mulai pada jari kaki yang tumbuh ke dalam.

Paronychia terjadi sepanjang garis tepi kuku (samping dan dasar lapisan kuku). Lebih dari berjalannya jam sampai hari, orang dengan paronychia mengalami rasa sakit, kehangatan, kemerahan, dan pembengkakan. Nanah biasanya terkumpul dibawah kulit sepanjang garis tepi kuku dan kadangkala di bawah kuku. Jarang, terutama pada orang yang memiliki diabetes atau gangguan lainnya yang menyebabkan minimnya sirkulasi, infeksi masuk kedalam jari tangan atau kaki dan bisa mengancam jari tangan atau, kasus ekstrem, tungkai dan lengan.


Read more .....

Onikomikosis (Onychomycosis)

PENYEBAB

Sekitar 10% orang yang mengalami onychomycosis, yang mana sering sekali mempengaruhi jari kaki dibandingakn dengan jari tangan. Jamur bisa diperoleh melaui hubungan dengan orang yang terinfeksi atau berhubungan dengan permukaan seperti lantai kamar mandi dimana jamur tersebut ada. Jamur biasanya terjadi sebagai bagian pada infeksi yang disebut kaki atlet. Orang yang lebih tua, orang yang menderita diabetes, dan orang yang sedikit sirkulasi pada kakinya yang terutama mudah terinfeksi janur.

GEJALA

Kuku yang terinfeksi memiliki bentuk yang tidak normal tetapi tidak gatal atau terasa sakit sekali. Infeksi ringan hanya memberikan sedikit gejala atau bahkan tidak menimbulkan gejala.

Pada infeksi yang lebih berat, kuku tampak keputihan, menebal dan terlepas dari dasar kuku.

Read more ......

Tumor Pada Kuku

Tumor jinak dan ganas bisa mempengaruhi kuku, menyebabkan kelainan bentuk. Tumor ini termasuk kista myxoid yang bukan kanker, pyogenic granulomas, tumor glomus, penyakit bowen (bentuk awal kanker kulit), squamos cell carcinoma, dan malignant melanoma. Ketika dokter menduga adanya kanker, mereka melakukan sebuah biopsi dan bisa merekomendasikan pengangkatan tuntas pada tumor secepatnya.

Read more......

Kelainan Bentuk dan Perubahan Warna Kuku

Sekitar 50% kelainan bentuk kuku disebabkan oleh infeksi jamur hasil terakhir dari berbagai penyebab, termasuk trauma, psoriasis, lichen planus, dan kanker sementara. Obat-obatan, infeksi dan penyakit dapat menyebabkan perubahan warna kuku (chromonychia). Contohnya, infeksi dengan bakteri pseudomonas dapat menyebabkan perubahan warna kuning kehijauan

Birth Deformities : Beberapa bayi dilahirkan tidak berkuku (anonychia). Pada nail-patella syndrome , kuku hilang atau mengecil berlubang dan bergelombang. Penyakit Drier menyebabkan bercak warna merah dan putih pada kuku dan membentuk sudut V yang tajam pada ujung kuku.

Deformities berhubungan dengan penyakit : kadangkala ,penyakit yang berhubungan dengan organ-organ lain bisa menyebabkan perubahan pada kuku juga.

Pada sindrom plummer-vinson, banyak orang mengalami lekukan, kuku berbentuk-sendok (koilonychias).

    * Orang dengan kekurangan zat besi bisa juga mengalami kuku berbentuk sendok
    * Gagal ginjal bisa menyebabkan sebagian bawah kuku menjadi putih dan sebagian ujung kuku menjadi merah jambu atau nampak berpigmen (setengah dan kuku setengah)
    * Sirosis hati bisa menyebabkan kuku menjadi putih, meskipun bagian yang sangat ujung pada kuku bisa tetap pinker (kuku terry). Kadar rendah protein darah disebut albumin (yang bisa terjadi pada orang dengan sirosis hati) bisa menyebabkan garis putih yang horizontal terbentuk pada kuku.
    * Beberapa penyakit paru-paru bisa menyebabkan sindrom kuku kuning, dimana kuku menjadi tebal, terlalu melengkung, dan berwarna kuning atau kuning kehijauan.
    * Lymphedema, penumpukan cairan lymphatic pada jaringan, juga bisa menyebabkan sindrom kuku kuning.
    * Orang yang mengalami infeksi virus immunodeficiency manusia (HIV), hyperthyroidism, atau sindrom cushing bisa mengalami melanonychia striata

Read more ..............

Trauma Pada Kuku

Bahkan luka kecil pada jari sekalipun bisa menyebabkan perubahan pada kuku. Kuku bisa mengalami bercak kecil berwarna putih yang dimulai pada letak luka dan bertambah besar dengan kuku.

Kerusakan berat pada bantalan kuku, terutaman yang berasal dari luka yang pecah, sering mengakibatkan perubahan bentuk kuku permanen. Untuk mengurangi resiko perubahan bentuk kuku permanen, luka tersebut harus diperbaiki segera (yang memerlukan pengangkatan pada kuku).

Subungual hematoma : darah sering menumpuk dibawah kuku (subungual hematoma) segera setelah luka (biasanya karena sebuah pukulan langsung, seperti oleh sebuah palu). Darah tampak seperti bercak ungu kehitaman dibawah sebagian atau seluruh kuku dan menyebabkan nyeri yang sangat hebat. Dokter bisa

Read more......

Infeksi Pada Kuku

Infeksi bisa meliputi kuku itu sendiri, dasar dibawah kuku, atau kulit disekitar kuku. Kebanyakan infeksi kuku karena jamur (onychomycosis), tetapi infeksi bakteri dan virus bisa terjadi. Infeksi bakteri bisa terjadi di dalam kutikula atau lipatan kuku (paronychia)

Paronychia Kronis

Paronychia kronis adalah peradangan berulang atau berlangsung lama pada lapisan kuku, biasanya pada jari tangan.

Paronychia kronis terjadi hampir selalu pada orang yang tangannya basah sekali (misalnya, pencuci piring, bartender, dan pembantu), terutama sekali jika mereka menderita diabetes atau sistem kekebalan yang terganggu. Jamur candida seringkali hadir, tetapi peranan yang menyebabkan paronychia kronis tidak jelas karena menghilangkan jamur dengan sempurna tidak selalu menyembuhkan kondisi tersebut. Paronychia kronis kemungkinan akibat pada peradangan peradangan kulit yang teriritasi (dermatitis) sebagai akibat lain koloni candida.

Read more........

Sindrom Kuku Hijau

Sindrom kuku hijau (Green Nail Syndrome)adalah infeksi dengan pseudomonas, salah satu jenis bakteri.

PENYEBAB
Sindrom kuku hijau disebabkan oleh infeksi spesies Pseudomonas. Yang biasanya berkembang di dalam
Read more ...............

Verruca Vulgaris Pada Kuku

Verruca vulgaris adalah kutil umum.

Verruca vulgaris disebabkan oleh infeksi dengan papillomavirus manusia dan sering menginfeksi kutikula dan kadangkala daerah di bawah kuku. Menggigit kuku (onychophagia) bisa menyebarkan infeksi ini. kutil pada
Read more.........

Kuku Jari Kaki Yang Tumbuh ke Dalam

Kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam adalah keadaan dimana pinggiran kuku tumbuh ke dalam kulit di sekitarnya.

PENYEBAB

Kuku yang tumbuh ke dalam bisa terjadi ketika kelainan bentuk kuku jari kaki bertumbuh tidak semestinya ke dalam kulit atau ketika kulit di sekitar kuku cepat tumbuh dengan tidak normal dan menelan bagian kuku. Menggunakan sepatu yang sempit, dan tidak pas dan memotong kuku tersebut menjadi melengkung dengan pinggiran pendek daripada lurus melintang bisa menjadi penyebab atau memperburuk kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam.
Read more ............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar