Kamis, 23 Mei 2013

Infeksi Pada Kuku


Infeksi bisa meliputi kuku itu sendiri, dasar dibawah kuku, atau kulit disekitar kuku. Kebanyakan infeksi kuku karena jamur (onychomycosis), tetapi infeksi bakteri dan virus bisa terjadi. Infeksi bakteri bisa terjadi di dalam kutikula atau lipatan kuku (paronychia)

Paronychia Kronis

Paronychia kronis adalah peradangan berulang atau berlangsung lama pada lapisan kuku, biasanya pada jari tangan.

Paronychia kronis terjadi hampir selalu pada orang yang tangannya basah sekali (misalnya, pencuci piring, bartender, dan pembantu), terutama sekali jika mereka menderita diabetes atau sistem kekebalan yang terganggu. Jamur candida seringkali hadir, tetapi peranan yang menyebabkan paronychia kronis tidak jelas karena menghilangkan jamur dengan sempurna tidak selalu menyembuhkan kondisi tersebut. Paronychia kronis kemungkinan akibat pada peradangan peradangan kulit yang teriritasi (dermatitis) sebagai akibat lain koloni candida.

GEJALA

Lapisan kuku terasa sakit sekali dan merah pada paronychia akut, tetapi nanah biasanya tidak menumpuk. Seringkali terdapat kehilangan pada kutikula dan pelepasan lapisan kuku dari piring kuku. Ruang kemudian terbentuk yang membiarkan iritan dan mikroorganisme untuk masuk. Kuku menjadi menyimpang.

DIAGNOSA

Dokter membuat diagnosa dengan memeriksa jari yang terkena.

PENGOBATAN

Menjaga tangan tetap kering dan terlindungi bisa membantu terbentuk kutikula dan menutup ruang diantara lipatan kulit dan piring kuku. Sarung tangan atau krim pelindung digunakan jika bersentuhan dengan air diperlukan. Krim kortikosteroid dioleskan ke kuku kemungkinan sangat membantu, pengobatan anti jamur sangat menolong hanya untu mengurangi organisma jamur. Mengoleskan larutan thymol pada ethanol beberapa kali sehari pada daerah yang terbentuk dengan menghilangkan kutikulamembantu menjaga daerah tersebut kering dan bebas dari mikroorganisme.

PENYAKIT KUKU MEDIS 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar