Selasa, 28 Mei 2013

KELAINAN RAMBUT MEDIS

 

 

Hirsutisme (Rambut Berlebihan)

Hirsutisme adalah suatu keadaan dimana rambut tumbuh secara berlebihan pada kulit yang biasanya tidak terlalu banyak memiliki rambut.

PENYEBAB
Hirsutisme bisa terjadi baik pada pria maupun wanita.
Penyebab yang biasa ditemukan adalah:
# Genetik (keturunan).
Keadaan ini seringkali diturunkan dalam satu keluarga, terutama pada orang-orang Mediteranian.
# Kelainan sistem endokrin.
- Sindroma polikista indung telur
- Sindroma Cushing
- Hiperplasia adrenal kongenitalis
- Pubertas prekox
# Obat-obatan : minoksidil, steroid androgenik, testosteron.

Penyebab yang jarang:
# Menopause
# Pubertas
# Kehamilan
# Kelenjar adrenal yang hiperaktif
# Karsinoma adrenokortikal
# Tumor atau kanker indung telur
# Obat-obatan : aminoglutetimid, siklosporin, obat yang mengandung androgen atau progestin, glukokortikoid, metoklopramid.

Faktor resiko terjadinya hirsutisme:
- Riwayat hirsutisme dalam keluarga
- Kelainan endokrin
- Pemakaian androgen (steroid androgenik atau testosteron)
- Usia lanjut.

GEJALA
Hirsutisme menyebabkan pembesaran akar rambut, pembesaran dan peningkatan pigmentasi rambut serta pertumbuhan rambut dengan pola penyebaran yang secara normal ditemukan pada pria.

Masalah yang sangat mengganggu pada hirsutisme adalah pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan.
Read more............. 

Kebotakan (Alopesia)

Kebotakan (alopesia) adalah hilangnya sebagian atau seluruh rambut.

Sejalan dengan pertambahan usia, pada pria dan wanita akan terjadi penurunan kepadatan rambut.
Pria memiliki pola kebotakan khusus yang berhubungan dengan hormon testosteron. Jika seorang pria tidak menghasilkan testosteron (akibat kelainan genetik atau dikebiri), maka dia tidak akan memiliki pola kebotakan tersebut.
Wanita juga memiliki pola kebotakan yang khusus.

Alopesia paling sering terjadi pada kulit kepala, biasanya terjadi secara bertahap dan bisa seluruh kulit kepala kehilangan rambutnya (alopesia totalis) atau hanya berupa bercak-bercak di kulit kepala.
Sekitar 25% pria mulai mengalami kebotakan pada usia 30 tahun dan sekitar duapertiga pria menjadi botak pada usia 60 tahun.

Rata-rata kulit kepala mengandung 100.000 helai rambut dan setiap harinya, rata-rata sebanyak 100 helai rambut hilang dari kepala.
Setiap helai rambut berumur 4,5 tahun, dengan pertumbuhan sekitar 1 cm/bulan. Biasanya pada tahun ke 5 rambut akan rontok dan dalam waktu 6 bulan akan diganti oleh rambut yang baru.
Kebotakan yang diturunkan terjadi akibat kegagalan tubuh untuk membentuk rambut yang baru, bukan karena kehilangan rambut yang berlebihan.

PENYEBAB
Penyebabnya bisa berupa:
# Keturunan
# Penuaan
# Perubahan hormon
# Demam
# Keadaan kulit lokal
# Penyakit sistemik
# Obat-obat tertentu, misalnya yang digunakan untuk mengobati kanker atau vitamin A yang berlebihan
# Pemakaian sampo dan pengering rambut yang berlebihan
# Stres emosional atau stres fisik
# Perilaku cemas (kebiasaan menarik-narik rambut atau menggaruk-garuk kulit kepala)
# Luka bakar
# Terapi penyinaran
# Tinea kapitis
# Trikotilomania.

GEJALA

Kebotakan pola pria

Kebotakan pola pria adalah suatu pola khusus dari kebotakan pada pria, yang disebabkan oleh perubahan hormon dan faktor keturunan.

Read more ............  
 

Psedofolikulitis Barbae

Pseudofolikulitis Barbae adalah peradangan pada folikel (akar rambut) di daerah tempat tumbuhnya janggut.

Peradangan ini terjadi karena rambut yang keriting/ikal, sehingga ujungnya menusuk kulit.
Keadaan ini paling sering terjadi pada rambut jenggot yang keriting, terutama pada pria berkulit hitam.

PENYEBAB
Bakteri stafilokokus.

GEJALA
Kulit di daerah tempat tumbuhnya janggut tampak memerah, terasa gatal dan ditemukan jerawat atau bisul kecil.

Read more ......
 

Bulu/Rambut Tubuh Berlebihan (Excessive Hairiness)

Perbedaan tiap orang mengenai jumlah rambut tubuh sangat luas variasinya. Usia, kelamin, ras dan etnis asli seseorang, dan faktor keturunan menentukan jumlah rambut tubuh. definisi rambut ‘berlebihan’ adalah subyektif. Pada beberapa budaya, laki-laki berbulu dipertimbangkan sebagai maskulin; sebaliknya, keadaan berbulu dijauhkan. Beberapa wanita tidak suka memiliki rambut tubuh manapun, sedangkan yang lain tidak memikirkan hal itu. Jarang, rambut berlebihan ada ketika lahir (karena gangguan menurun) tetapi biasanya terjadi kemudian di dalam kehidupan. Pada wanita dan anak-anak, atau indung telur yang merupakan hasil kelebihan produksi hormon pria. Keadaan ini bisa juga diakibatkan dari penggunaan obat-obatan tertentu, seperti minoxidil, phenytoin, cyclosporine, dan anabolic steroid. Porphyria cutanea tarda, sebuah gangguan kekurangan enzim, juga bisa menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan.

DIAGNOSA

Karena beberapa gangguan medis merangsang pertumbuhan rambut yang berlebihan, dokter harus membedakan rambut yang berlebihan yang dihasilkan pada masalah medis yang mendasari dari rambut yang tumbuh yang hanya berhubungan dengan masalah kecantikan.

Seorang dokter pertama kali memeriksa gejala-gejala lain pada androgen yang berlebihan, seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, suara yang mendalam, kebotakan, atau fitur sindrom Cushing, seperti muka bulat besar dan bantalan pada lemak di antara bahu. Jika setiap gejala ini ada, dokter melakukan pemeriksaan darah yang bervariasi untuk mengukur kadar pada hormon tertentu.

PENGOBATAN

Obat-obatan kemungkinan menyebabkan rambut berlebihan tidak berlanjut sampai hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan. Jika kadar testosteron tinggi dipastikan sebagai penyebab, obat-obatan yang menyumbat efek tersebut, seperti spironolactone, flutamide, atau finasteride, bisa sangat membantu tetapi jarang digunakan.

Read more .............


Rambut yang Tumbuh Ke Dalam

Rambut yang keriting sehingga ujungnya menusuk kulit bisa menyebabkan peradangan (pseudofolliculitis barbae). Hal ini sangat sering terjadi dengan rambut pada janggut yang keriting, khususnya pada pria kulit hitam. Setiap rambut yang bertumbuh ke dalam mengakibatkan jerawat kecil, sedikit menyakitkan dengan rambut kelihatan mengeriting ke titik tumbuh.

DIAGNOSA

Dokter mendiagnosa keadaan tersebut dengan penampilan khasnya. Pengobatan meliputi menyisir keluar setiap ujung rambut yang tumbuh ke dalam pada kulit dengan ujung jarum atau penjepit tajam.

Read more ........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar